Jumat, 30 Maret 2012

KONSEP ILMU BUDAYA DASAR DALAM KESUSASTRAAN


Kesusatraan merupakan ilmu yang mempelajari sastra. Orang biasanya mengartikan bahwa kesusatraan itu adalah sebuah karangan yang indah. Di wikipedia juga menjelaskan bahwa Sastra merupakan kata serapan dari bahasa Sanskerta. sastra, yang berarti "teks yang mengandung instruksi" atau "pedoman", dari kata dasar śās- yang berarti "instruksi" atau "ajaran". Dalam bahasa Indonesia kata ini biasa digunakan untuk merujuk kepada "kesusastraan" atau sebuah jenis tulisan yang memiliki arti atau keindahan tertentu.
                                        

Dalam kesusastraan ini juga tidak lepas dari budaya yang mempengaruhi kesusastraan itu sendiri. Misalnya Puisi, syair, pantun juga merupakan hasil dari sastra dan banyak lagi yang dihasilkannya. Sebenarnya yang sangat terlihat banyak terlihat budaya menurut saya adalah dalam naskah-naskah kuno. naskah kuno atau manuskrip adalah dokumen dari berbagai macam jenis yang ditulis dengan tangan, tetapi lebih mengkhususkan kepada bentuk yang asli sebelum di cetak. Dalam naskah kuno memiliki nilai informasi yang sangat berharga baik dari segi sejarah naskah itu sendiri maupun informasi informasi yang tertulis di naskah tersebut. Setiap daerah di Indonesia mempunyai memiliki naskah kuno dan berbeda-beda jenis atau isi dari naskahnya. Kita ambil contoh naskah kuno Babad Limbangan yang berasal dari Garut. Dalam naskah kuno ini menceritakan tentang bagaimana dahulu kota limbangan.
Hampir sebagian besar generasi muda saat ini melupakan identitas budaya sastranya. Hal ini disebabkan banyaknya masuk budaya asing ke indonesia. Sebagai generasi penerus kita harus melesatari budaya-budaya sastra bangsa Indonesia. Semoga semua masyarakat Indonesia sadar bahwa akan pentingnya budaya bangsa ini.

Refrensi : http://pariwisata.garutkab.go.id/ dan
http://en.wikipedia.org/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar