Rabu, 27 Maret 2013

Penentuan Harga Permintaan dan Penawaran


A. Pengertian Permintaan
Permintaan adalah sejumlah barang yang akan dibeli atau yang diminta pada tingkat harga tertentu dalam waktu tertentu
Kurva Permintaan :
Kurva Permintaan adalah kurva yang menunjukan hubungan berbagai jumlah barang dan jasa yang di beli oleh konsumen dari berbagai tingkat harga. Kurva akan menghubungkan titik-titik kordinatnya pada sumbu harga (sumbu Y) dengan sumbu jumlah barang (sumbu X).
Hukum Permintaan :
Hukum permintaan berbunyi : apabila harga naik maka jumlah barang yang diminta akan mengalami penurunan dan apabila harga turun maka jumlah barang yang akan di minta mengalami kenaikan. Kenaikan harga barang dapat menyebabkan berkurang jumlah barang yang diminta di karenakan naiknya harga menyebabkan turunnya daya beli konsumen dan akan mengakibatkan berkurangnya jumlah permintaan dapat menibulkan naiknya harga barang dan menyebabkan konsumen mencari barang pengganti yang harga nya lebih murah.

Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan diantaranya :

1.Selera
Apabila selera konsumen terhadap suatu barang dan jasa  tinggi maka akan diikuti dengan jumlah barang dan jasa yang diminta akan mengalami peningkatan.

2.Pendapatan konsumen
Apabila pendapatan konsumen semakin tinggi maka akan diikuti daya beli konsumen yang kuat dan mampu umtuk membeli barang dan jasa dalam jumlah yang besar.

3.Harga barang/jasa pengganti
Konsumen akan cenderung mencari barang atau jasa yang harganya relatif lebih murah untuk dijadikan alternatif pengguna. Contohnya : seorang ibu-ibu bila harga baju lebih mahal daro celana, maka ia akan cenderung untuk membeli celana.

4.Harga barang/jasa pelengkap
keduanya merupakan kombinasi barang yang sifatnya saling melengkapi. Contoh : kompor dengan minyak tanah,karena harga minyak tanah mengalami kenaikan maka orang beralih menggunakan bahan bakar minya tanah dan beralih ke bahan bakar gas.

5.Perkiraan harga di masa datang
Apabila konsumen menduka harga barang akan terus mengalamu kenaikan dimasa yang akan datang, maka konsumen cenderung untuk menambahkan jumlah barang yang dibelinya. Contoh : pada krisis ekonomi 1998, ketika konsumen memperkirakan harga-harga kebutuhan pokok besok harinya akan melambung tinggi, maka mereka akan memborong semua kebutuhan pokok tersebut hari ini.

6.Intensitas kebutuhan konsumen
Bila suatu barang atau jasa sangat dibutuhkan secara mendesak dan dirasakan pokok oleh konsumen, maka jumlah permintaan akan mengalami peningkatan. Contoh : kebutuhan akan bahan bakanr premium, konsumen bersedia membeli dalam jumlah harga tinggi, walaupun pemerintah sudah menetapkan harga pokok.

B. Pengertian Penawaran
Penawaran adalah sejumlah barang yang ditawarkan pada tingkat harga tertentu dan waktu tertentu atau dalam keadaan keseluruhan dari hubungan antara harga dan jumlah penawaran.
Kurva Penawaran :
Kurva penawaran adalah kurva yang menunjukan hubungan berbagai jumlah barang dan jasa yang ditawarkan oleh produsen pada berbagai tingkat harga. Kurva ini akan menghubungkan titik-titik koordinat pada sumbu harga (sumbu Y) dengan sumbu jumlah barang (sumbu X).
Contoh : jumlah celana jean yang ditawarkan Ibu Qiab pada berbagai tingkat harga.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Penawaran

1)  Biaya produkisi dan teknologi yang digunakan
Jika biaya produksi suatu produk sangat tinggi maka produsen akan membuat produk lebih sedikit dengan harga jual yang mahal karena takut tidak mampu bersaing dengan produk sejenis dan produk tidak laku terjual.
Contohnya : pembuatan barang-barang limited edition,meskipun harga barangnya mahal kan tetapi banyak diburu kolektor sehingga tidak terjadi penurunan harga.

2)  Tujuan perusahaan
Perusahaan yang bertujuan mencari keuntungan sebesar-besarnya (profit oriented) akan menjual produknya dengan marjin keuntungan yang besar sehingga harga jual jadi tinggi. Jika perusahaan ingin produknya laris dan menguasai pasar maka perusahaan menetapkan harga yang rendah dengan tingkat keuntungan yang rendah sehingga harga jual akan rendah untuk menarik minat konsumen.
Contohnya, produsen mobil china. Dengan fitur yang tidak kalah bersaing, namun harganya murah dan terjangkau semua lapisan masyarakat.

3)  Pajak
Semakin tinggi tarif pajak yang dikenakan akan berakibat naiknya harga barang dan jasa yang akan membawa dampak pada rendahnya permintaan konsumen dan berkurangnya jumlah barang yang akan ditawarkan

4)  Ketersediaan barang pengganti / pelengkap
Jika ada produk pesaing sejenis di pasar dengan harga yang murah maka konsumen akan ada yang beralih ke produk yang lebih murah sehingga terjadi penurunan permintaan, akhirnya penawaran pun dikurangi. Contohnya, persaingan antara para produsen handphone. Berusaha menambahkan fitur-fitur yang lebih menarik dengan harga yang murah. Demi menarik minat konsumen. Perkiraan harga barang di masa datang

5)  Perkiraan harga barang di masa datang
Apabila kondisi pendapatan masyarakat meningkat, biaya produksi berkurang dan tingkat harga barang dan jasa naik, maka produsen akan  menambah jumlah barang dan jasa yang ditawarkan. Tetapi bila pendapatan  masyarakat tetap, biaya produksi mengalami peningkatan, harga barang dan jasa naik, maka produsen cenderung mengurangi jumlah barang dan jasa yang ditawarkan atau beralih pada usaha kain.

6) Jumlah Penduduk
Pertambahan penduduk akan memengaruhi jumlah barang yang diminta. Jika jumlah penduduk dalam suatu wilayah bertambah banyak, maka barang yang diminta akan meningkat.

C. Penentuan Harga Keseimbangan
Masalah harga berhubungan dengan barang ekonomis, sebab barang ekonomis adanya langkah dan berguna dan untuk memperolehnya diperlukan pengorbanan uang dengan bantuan harga. Harga adalah perwujudan nilai tukar atas suatu barang/jasa yang dinyatakan uang. Oleh karena itu, harga merupakan nilai tukar obyektif atas barang/jasa dan nilai tukar obyektif itu sendiri adalah harga pasar atau harga keseimbangan. Harga pasar tidak terbentuk secara otomatis akan tetapi melalui suatu proses mekanisme pasar yakni tarik menarik antara kekuatan pembeli dengan permintaannya dan kekuatan penjual dengan penawarannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar