Sabtu, 18 Mei 2013

Analisa Mengenai Perilaku Konsumen pada Suatu Produk dan Bagaimana Konsumen Mendapatkan Kepuasan Maksimal pada Produk Tersebut


Konsumen adalah seorang manusia yang memakai sebuah produk dan jasa yang tesedia didalam masyarakat baik untuk kepentingan sendiri,keluarga atau orang lain dan tidak untuk diperdagangkan

Jadi Perilaku Konsumen adalah perilaku yang konsumen tunjukan untuk mencari,menukar dan menilai sebuah barang yang mereka anggap akan memuaskan kebutuhan konsumen.

Sikap seorang konsumen terhadap sebuah produk biasanya sebelum membeli suatu produk pasti konsumen akan mengambil beberapa keputusan seperti ini apakah produk tersebut mempunyai kualitas yang bagus, harganya mahal atau murah, mempunyai bentuk yang unik dan mempunyai manfaat untuk dirinya. Kualitas barang dari suatu produk dapat menetukan harga dari produk tersebut dan akan berpengaruh secara langsung kepada keputusan pembelian konsumen dan loyalitas mereka terhadap produk tersebut. Jika presepsi kualitas dari pelanggan menunjukan negatif maka produk tersebut tidak akan bertahan lama di pasaran dan jika presepsi kualitasnya positif berarti produk tersebut disukai oleh konsumen dan akan bertahan lama di pasaran.

Perilaku konsumen biasanya nih di pengaruhi oleh banyak kelompok-kelompok. Kelompok dimana konsumen itu berada yang akan mempengaruhi secara langsung untuk memilih produk yang akan di beli oleh konsumen tersebut. Keluarga juga memberikan pengaruh yang besar terhadap konsumen dalam melakukan pembelian produk. Keadaan keuangan juga akan mempengaruhi konsumen dalam melakukan pilihan produk.

Seiring berjalannya waktu produk yang ada semakin banyak dan semakin kreatif dan inovatif. Kebutuhan konsumen dalam melakukan aktifitas sehari-hari akan terpenuhi dengan produk –produk yang ada pada saat ini, namun dalam memilih suatu produk konsumen akan memiliki perilaku yang berbeda pada saat membeli produk yang mereka inginkan. Jadi disini saya akan memberi contoh produk minuman yang sering di konsumsi oleh konsumen hampir setiap harinya.

Pada saat ini produk minuman susu yang ada di indonesia sangat banyak sekali. Produk minuman susu berbagai merek dengan kualitas yang bagus dan model yang menarik akan menjadi pertimbangan konsumen. Dengan adanya variasi rasanya seperti rasa coklat, rasa strawberry, rasa melon, rasa alpukat, rasa mangga, dan lain-lain yang konsumen inginkan sesuai dengan selera mereka masing-masing. Dengan strategi yang dijalankan produsen minuman susu dapat menentukan segmentasi pasar, menetapkan target dan menetapkan keunggulan untuk bersaing dengan produsen minuman susu lainnya. Produsen akan memaksimalkan mutu yang bagus dan kualitas produk nya dan distribusi yang merata untuk bersaing dengan produk lainnya. Dalam memilih produk konsumen akan melihat terlebih dahulu bentuk kemasan produk minuman susu tersebut. Apakah akan menarik atau tidak. Minuman susu ini memiliki bentuk yang bagus dan ekonomis sehinnga konsumen bisa menentukan produk yang mereka inginkan

Kemasan minuman susu dibuat dari karton bantal aseptik yang rapih. Kemasan itu sendiri berguna untuk melindungi produk  yang ada di dalamnya.

Merek juga memegang peranan penting agar konsumen bisa mengetahui kualitas dari produk tersebut. perilaku konsumen dalam melakukan pembelian produk biasanya sangat terkait dengan kualitas, kepuasan dan kebanggaan dengan menggunakan merek tersebut. Konsumen akan merasa puas jika produk tersebut dapat mempertahankan harga dan kualitas dari produk yang diciptakan oleh produsen. Semakin produk tersebut banyak di beli oleh konsumen berarti itu semua menunjukan bahwa konsumen menyukai produk tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar