Sabtu, 18 Mei 2013

Apa Peran Komunikasi didalam Organisasi


Pengertian Komunikasi

Komunikasi adalah proses penyampaian pikiran oleh seseorang kepada orang lain dengan menggunakan lambang-lambang yang bermakna bagi kedua pihak, dalam situasi yang tertentu komunikasi menggunakan media tertentu untuk merubah sikap atau tingkah laku seorang atau sejumlah orang sehingga ada efek tertentu yang diharapkan .

Apa peran komunikasi didalam organisasi 

Jadi komunikasi itu berfungsi untuk mengendalikan perilaku anggota-anggotanya di setiap organisasi pasti mempunyai wewenang dan sebuah panduan formal yang harus dipatuhi oleh setiap karyawannya. Komunikasi juga dapat membantu perkembangan motivasi dengan menjelaskan kepada karyawannya apa saja yang harus dilakukan dan bagaimana cara mereka bekerja dengan baik dan apa saja yang dapat mereka kerjakan untuk memperbaiki pekerjaannya jika kinerja nya di bawah standart. untuk  banyak karyawan kelompok kerja mereka merupakan sumber utama untuk berinteraksi sosial, komunikasi yang terjadi di dalam kelompok tersebut dapat menunjukan rasa puas dan kekecewaan mereka maka dari itu komunikasi dapat meluapkan sebuah uangkapan emosional dari perasaan dan pemenuhan kebutuhan sosial mereka.

Organisasi tidak akan berjalan secara efektif dan efesien misalnya kurangnya sebuah komunikasi antar karyawan, itu semua dapat menyebabkan antar karyawan dapat mengalami masalah di sebuah organisasi karena terjadinya miss comunication.

Komunikasi yang mengalir dari satu tingkat dalam suatu organisasi ke suatu tingkat yang lebih bawah itu semua kegunaan nya untuk memberikan penetapan tujuan, memberikan instruksi pekerjaan, menginformasikan kebijakan dan prosedur kepada bawahan nya bertujuan untuk menunjukan masalah mana saja yang memerlukan perhatian terhadap kinerja.

Komunikasi ke tingkat yang lebih tinggi dalam organisasi  digunakan untuk memberikan informasi kepada atasan nya dan untuk menginformasikan kepada mereka mengenai kemajuan ke arah tujuan dan meneruskan masalah-masalah yang ada.

Jadi menurut saya semakin banyak nya berkomunikasi tidak akan merugikan kita karena itu semua akan membuka sebuah wawasan kita yang sebelumnya tidak tahu akan menjadi tahu.
Di dalam organisasi komunikasi harus terus-menerus dilakukan terutama mulai dari atasan harus sering berkomunikasi dengan bawahannya dan meminta mereka untuk memberikan saran dan kritik sehingga kegiatan didalam organisasi dapat berjalan sesuai yang diharapkan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar